Home » » Pintu Pertama menuju Peradaban Mulia

Pintu Pertama menuju Peradaban Mulia

Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas - Mohammad Hatta

Buku adalah jendela dunia menuju peradaban mulia, namun seiring perkembangan teknologi, dunia seolah mudah dijelajahi dengan internet melalui komputer, Iphone dan smartphone, tetapi kemudahan inilah terkadang membuat banyak orang meninggalkan kebiasaan untuk membaca. (hehehe hayooo siapa... ^_^)

Hari sabtu kemarin saya mengisi materi “Pintu Pertama menuju Peradaban Mulia” dalam acara Duta Perpus di SMKN 1 Jombang. Duta Perpus diikuti sekitar 100 siswa yang memiliki target perbulan membaca buku dan pelopor mengajak teman-teman di Sekolahnya untuk datang ke Perpustakaan.

Berdasarkan penelitian UNESCO tahun kemarin, hanya 1 dari 1.000 orang Indonesia yang memiliki minat baca serius. Selain itu, menurut Most Literate Nations in the World bulan Maret 2016, Pemeringkatan Literasi Internasional, Indonesia berada di urutan ke-60 di antara total 61 negara, dibawah Malaysia dan Thailand. (hmmm butuh perjuangan)

Dari rentetan penelitian minat baca yang rendah ini, Duta Perpus merupakan salah satu momentum awal agar masyarakat dimasa depan lebih antusias dalam membaca buku, tutur bu Umi Kulsum penggagas Duta Perpus, sekaligus guru, penulis dan motivator.

Sebenarnya kalau mau memperhatikan banyak orang-orang hebat adalah orang yang menjadikan buku menjadi sahabatnya. Contohnya adalah Presiden Soekarno, tokoh negarawan yang diakui dunia, menguasai 5 bahasa dan menurut beberapa refrensi menyebutkan 70% Harta kekayaannya adalah Buku. (Subhanallah)

Pak Habibie, presiden RI ke 3 juga sering mengajak kita untuk membaca dan menulis setiap hari. Beliau menerapkan 7,5 jam untuk membaca dan menulis sehingga berhasil menelurkan ide-ide cemerlang untuk membangun bangsa.

Dalam dunia ertentainpun terdapat orang-orang hebat yang tidak melepaskan buku ketika ada waktu senggang, seperti Dewi Sandra, Karena cintanya pada buku, artis berhijab ini bahkan punya perpustakaan mini di rumahnya sendiri. Ada sekitar 1000 buku yang dia koleksi mulai dari novel, fiksi hingga ensiklopedia.

Najwa Shihab, presenter dalam acara mata Najwa yang terpilih menjadi Duta Baca 2016. Menurutnya menyenangkan bisa menularkan kecintaan terhadap buku. Robert Pattinson, pemain utama di film Twilight, salah satu film yang cukup sukses. Ternyata faktor kesuksesan Robert dalam bermain film adalah karena hobinya membaca buku. Diakuinya untuk bisa mendalami perannya ia banyak membaca buku, dan banyak contoh orang hebat lainnya.

Wajar bila membaca buku merupakan salah satu faktor kesuksesan, hal ini karena membaca buku memiliki banyak manfaat diantaranya menstimulasi/ merangsang otak sehingga memperlambat penyakit Alzheimar dan Demensia (kondisi otak yang mengalami penurunan seperti pikun), mengurangi stress, menambah kemampuan analisis dan manfaat lainnya (baca: manfaat membaca buku).

Berbicara bab tentang membaca tentu tak bisa lepas dari perpustakaan. Perpustakaan ternyata merupakan salah satu pusat kemajuan peradaban dunia, diantaranya Sumeria, Yunani, Romamwi hingga Arab. Menurut John L Esposito dalam “Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern”, perpustakaan-perpustakaan Islam pernah mengalami kejayaan. (baca : Sejarah Perkembangan Perpustakaan : Simbol kemajuan Peradaban).

Ada 3 sikap yang bisa kita tiru dari orang-orang Jepang, kenapa mereka unggul. 1. Rajin membaca, 2. Prinsip Kaizen dan Hanzei (berusaha tidak puas dan menjadi lebih baik), 3. Menjaga nilai budaya.

Salah satu peristiwa luar biasa dalam sejarah adalah perintah Allah kepada Nabi Muhammad agar membaca (QS .96:1). Duta Perpus ataupun kita semua ternyata memiliki tugas mulia seperti nabi, yaitu mengajak sesama untuk membaca.

Mari kita tularkan virus kebaikan ini minimal kepada lingkungan sekitar agar antusias dalam membaca. Hal ini sederhana, tetapi bisa dibayangkan bila satu orang saja menular kepada 3-5 orang, maka insya Allah kita optimis kedepan banyak bermunculan generasi-generasi hebat yang memajukan bangsa. Aamiin


Salam Literasi ^_^

Terimakasih sudah LIKE My FansPage JejakBagus

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Kita Pasti Bisa

Kita Pasti Bisa
Berprestasi & Bermanfaat untuk sesama

Friends

Popular Posts

Hubungi Penulis

Nama

Email *

Pesan *

 
Support : Bagus Justice | Belajar Ekonomi Menyenangkan | Platnama
Copyright © 2013. JejakBagus.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger